Sabtu, 28 Januari 2023

Pembelaan F-PKS Soal Proyek Sodetan Kali Ciliwung Mangkrak era Anies


 

JawaPos.com – Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS Dedi Supriadi membenarkan bahwa proyek Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) sudah dilanjutkan sejak tahun 2021 di era kepemimpinan Anies Baswedan. Ia mengatakan bahwa Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tinggal melanjutkannya.

“Alhamdulillah, proses berjalan lancar dan Pak Heru tinggal melanjutkan apa yang sudah dibuka simpulnya di pemerintahan Gubernur Anies tahu 2017-2022,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (27/1).

Menurut Dedi, kemungkinan Presiden Joko Widodo mendapatkan informasi berbeda hingga akhirnya menyimpulkan bahwa proyek untuk mengatasi banjir itu mangkrak selama enam tahun.

Padahal, mulanya menurut Dedi masalah mangkraknya proyek itu lantaran tahun 2015 di era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama penggusuran terhadap warga Bidara Cina menimbulkan gugatan ke PTUN yang ternyata dimenangkan.

Tak terima, Ahok kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung di tahun 2016. Di waktu itulah proyek tersebut mangkrak sebab berstatus quo dan berperkara di Mahkamah Agung.

Menyadari proses hukum bisa berjalan lama, maka pada tahun 2019 Gubernur Anies membentuk tim pembebasan lahan dan membatalkan kasasi. Dalam artian menerima keputusan pengadilan di bawahnya,” terang Dedi.

Ia meyakini bahwa seemua Gubernur DKI Jakarta berusaha melaksanakan tugas dengan baik, hal itu termasuk di era kepemimpinan Anies Baswedan.

“Yang penting masyarakat tidak menganggap pemimpin-pemimpin DKI yang lalu seakan-akan tidak bekerja, padahal mengecek hal itu mudah,” pungkas Dedi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi hasil kerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono atas progres yang signifikan soal kelanjutan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur.

Pembebasan. Tadi saya sampaikan. Dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru saya gak tau pendekatannya apa tapi selesai. makanya saya ke sini tadi karena udah selesai,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (24/1).

Jokowi mengatakan, proyek tersebut diprediksi akan rampung bulan April mendatang. Padahal, proyek tersebut tak sempat tersentuh sejak enam tahun lalu.

“Sebentar lagi akan selesai mungkin April insya Allah sudah selesai Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun,” ungkapnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wali Kota Resmikan Penggunaan Pintu Air Phb Pondok Bambu

  Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menghadiri temu warga RW 011 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Minggu (12/2/2...