Minggu, 29 November 2020

Presiden PKS: Awal Dijadikan Candaan, Setelah Covid-19 Nyata Muncul Kepanikan Pemerintah



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyoroti penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah sejak awal hingga saat ini, tidak maksimal mengutamakan kesehatan masyarakat. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan, jumlah total kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai setengah juta orang, dengan pasien meninggal lebih dari 16 ribu orang. 

"Bila kami cermati penanganan Covid-19 sejak awal, kurang terantisipasi dengan baik oleh pemerintah. Di awal malah sering dijadikan bahan candaan, tetapi setelah dirasakan wabah ini betul ada, barulah kepanikan terjadi," ujar Syaikhu saat puncak Munas ke-V PKS di Bandung, Jakarta, Minggu (29/11/2020).

Menurut Syaikhu  manajemen krisis yang dilakukan pemerintah lebih mengedepankan masalah ekonomi, ketimbang masalah kesehatan bagi masyarakat. 

Bahkan, kata Syaikhu, kebijakan antar kementerian tampak tidak terkoordinasi dengan baik, baik itu antar pusat maupun dengan daerah yang kerap tidak singkron keputusannya dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Padahal seharusnya pemerintah menjadi dirijen yanh mampu mengkoordinasikan dan mensinkronkan berbagai pemangku kepentingan ini," paparnya.


Seringkali terjadi ketegangan antara pusat dan daerah. Tentu semua ini terjadi karena lemahnya kepemimpinan," sambung Syaikhu. 

Penanganan Covid-19 yang tidak maksimal, kata Syaikhu, membuat Indonesia menjadi negara dengan angka kematian tertinggi di Asean akibat wabah tersebut dengan persentase sekitar 3,3 persen. 

"Maka bisa dibayangkan, dampak selanjutnya Indonesia masuk ke dalam jurang resesi ekonomi, menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat, angka kemiskinan semakin meningkat, pengangguran naik tajam dan ketimpangan pun semakin lebar di tengah masyarakat," tuturnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wali Kota Resmikan Penggunaan Pintu Air Phb Pondok Bambu

  Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menghadiri temu warga RW 011 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Minggu (12/2/2...